Kamis, 04 Desember 2014

Menjaga Kebersihan Makanan

Kesehatan tubuh merupakan suatu yang terpenting bagi kita semua. Dengan tubuh yang sehat maka kita pun akan mudah untuk melakukan aktivitas kita sehari- hari. dengan begitu kita juga tidak perlu khawatir untuk melewatkan kegiatan kita yang penting. Kesehatan tubuh kita di jaga dengan pola hidup yang baik. Dan salah satu cara untuk menjalani pola hidup yang baik yaitu dengan menjaga pola makan. Menyangkut dengan pola makan, maka kita juga harus menjaga kebersihan makanan kita sehari- hari.

Makanan yang bersih dan sehat sangat baik untuk menunjang perkembangan tubuh kita. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bersih, kita bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Selain itu dengan adanya makanan yang sehat dan bersih, kita juga mengurangi jajan atau membeli makanan jadi di luar sana. Memasak makanan sendiri di rumah itu lebih baik daripada membeli makanan jadi di luar sana. Makanan yang di jual di luar sana belum tentu terjamin akan kebersihan dan kesehatannya.



Untuk menjaga makanan agar tetap bersih, perlu di perhatikan untuk sayuran, pasti lah kita harus benar- benar teliti ketika kita membersihkan sayuran yang akan kita masak. Karena banyak kuman yang menempel pada sayuran di bagian- bagian kecil yang kadang lupur saat kita membersihkan sayuran. Alangkah lebih baik jika kita juga mencuci buah dan sayuran dengan menggunakan cairan pembersih yang dikhususkan untuk membersihkan sayuran dan juga buah- buahan.

Makanan yang sehat juga tergantung dari cara memasaknya. Memasak sayuran harus di perhatikan kesegarannya, sayuran akan mudah sekali untuk kehilangan gizi dan sumber vitaminnya bila kita memasak terlalu lama, maka agar sayuran tetap terjaga dengan baik sumber gizi dan juga vitaminnya, kita harus memasak dengan suhu yang pas dan juga tidak terlalu lama. Karena dengan memasak terlalu lama selain kehilangan gizinya, sayuran pun akan terlihat layu dan warnanya yang tidak menarik.

Kebersihan makanan pun tidak hanya pada proses pencucian sayuran dan makanan lainnya, namun juga dengan memperhatikan kebersihan wajan yang akan di pakai memasak, juga alat- alat memasak dan alat untuk makan lainnya, seperti piring, sendok , garpu dan lain- lainnya. Makanan yang bergizi dan sehat serta terjaga kebersihannya sangat baik untuk keluarga kita, biasakanlah keluarga kita untuk makan masakan rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar