Selasa, 09 Desember 2014

Memilih Kegiatan Sekolah Yang Bermanfaat

Kegiatan  di luar jam pelajaran sekolah atau biasa di sebut kegiatan ekstrakurikuler ini banyak terdapat jenisnya di sekolah- sekolah, baik sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas. Kegiatan ekskul merupakan kegiatan yang di tujukan untuk mengasah bakat anak itu sendiri dan menjadikan kegiatan ekskul itu  bermanfaat untuk mereka. Daripada remaja yang sering menghabiskan waktu yang tidak jelas, lebih baik jika mereka menghabiskan waktu mereka untuk kegiatan ekskul mereka di sekolah.

Sekarang ini di sekolah banyak kegiatan ekskul yang beragam dan bermacam- macam jenisnya, misalnya pramuka, pmr, olahraga seperti basket, voli, bulu tangkis, renang, kegiatan ekskul kesenian seperti angklung, grup band, teater, drama, vocal, dan beberapa ekskul yang berkaitan dengan hobi seperti movie maker, dan lain- lainnya. Dengan bertambahnya jenis ekskul, maka naka- anak sekolah pun lebih banyak dapat memilih ekskul yang mereka sukai.


Ada banyak alasan yang menjadikan mereka mengikuti kegiatan ekskul, pertama karena hobi mereka, misalnya mereka yang hobi bermain akting , maka ekskul drama atau teater baik untuk mengasah bakat mereka. Kedua karena mereka ingin mencoba sesuatu yang baru, misalnya ekskul yang belum pernah mereka coba, mereka ingin mencobanya, hal ini ke depannya bisa menjadikan ekskul itu sebagai hobi mereka, bahkan mereka bisa saja memiliki bakat yang lebih pada ekskul mereka. Dan terakhir karena sekolah yang mewajibkan anak- anaknya untuk mengikuti kegiatan ekskul, memang tidak semua sekolah dan tidak semua kelas di wajibkan untuk mengikuti ekskul, biasanya anak- anak pada tingkatan pertama di smp maupun sma yang di wajibkan untuk megikuti kegiatan ekskul, sisanya anak kelas 2 dan 3 tidak di wajibkan untuk mengikutinya.

Kegiatan ekskul ini baik untuk mengisi waktu luang mereka. Biasanya ekskul di adakan pada hari jumat atau sabtu, bahkan ada yang hari minggu. Ekskul juga bisa bermanfaat untuk keseharian mereka, contohnya ekskul pmr, menjadikan remaja lebih disiplin dan lebih tanggap terhadap hal- hal yang terjadi di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar