Selasa, 09 Desember 2014

Mengatasi Remaja Yang Sering Merokok

Saat ini banyak orang orang yang belum menyadari betapa bahayanya merokok bagi kesehatan. Meskipun sebagian ada yang sudah tahu, jika merokok itu merupakan sumber segala penyakit. Menghisap rokok setiap hari berarti memasukkan racun ke dalam tubuh kita setiap menitnya. Namun demikian, banyak orang yang meskipun sudah tahu bahayanya tetap mereka menghisap rokok. Hal ini karena rokok memiliki efek kecanduan bagi penggunanya. Bila mereka mencobanya sekali dua kali mereka akan terus ketagihan, inilah awal mulanya seseorang menjadi seorang perokok.

Menjadi seorang perokok tidak hanya terjadi di kalangan orang dewasa atau pun rang tua, para remaja juga banyak saat ini yang merokok. Di sekolah mereka tentu tidak di bolehkan untuk merokok, maka mereka memilih tempat yang tersembunyi yang ternyata di gunakan mereka untuk merokok. Sungguh sangat memprihatikan, hal ini menjadi cerminan yang buruk bagi generasi penerus bangsa kita. Tentu kita sebagai orang dewasa tidak bisa diam saja. Remaja merupakan generasi penerus untuk menjadi pemimpin bangsa ini, maka jika saat ini mereka sudah menjadi remaja yang tidak baik, maka ke depannya pun mereka sulit untuk menjadi remaja yang baik di mata masyarakat.

Hal ini tidak dapat di biarkan. Para orang tua harus lebih mengawasi anak laki- laki mereka, memang di sekolah mereka tidak merokok, namun banyak di temukan mereka merokok di tempat- tempat yang sering di jadikan perkumpulan anak- anak remaja. Mereka mengobrol sambil  merokok bersama teman- temannya. Dalam satu ruangan itu di penuhi oleh banyak asap, bayangkan saja hal ini sudah menjadi sumber penyakit bagi mereka dan juga orang lain.

Perlu bimbingan lebih dari guru dan orang tua mereka. Di sekolah mereka haruslah sering di berikan nasihat bahwa merokok itu tidaklah baik, ambil contoh nyata yang terjadi pada mereka yang selalu merokok sepanjang hidupnya. Banyak kejadian real , mereka yang merokok saat muda malah mengalami banyak penyakit saat mereka sudah tua. Itu merupakan contoh akibat fatal dari merokok. Tentu kita tidak ingin remaja saat ini berhenti merokok saat mereka sudah mendapatkan penyakit akibat rokok. Sebelum itu terjadi, lebih baik coba untuk berhenti merokok. Rokok tidaklah menghasilkan hal yang positif, selain membawa racun pada diri sendiri, rokok juga membawa racun bagi orang –orang di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar