Kamis, 30 Oktober 2014

Menghemat Penggunaan Listrik

Listrik merupakan salah satu sumber yang dibutuhkan oleh manusia. Semua peralatan elektronik akan bekerja dengan adanya listrik. Listrik juga menjadi sumber utama bagi pabrik- pabrik yang pengerjaannya memakai listrik. Saat ini pasokan listrik mungkin akan berkurag jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik, maka salah satu cara yang baik adalah dengan menghemat pemakaian listrik.

Cara yang mudah adalah di awali dengan pemakaian listrik di rumah. Kita bisa menghemat untuk menggunakan listrik di rumah, misalnya dengan mematikan lampu pada ruangan yang tidak sedang tidak dipakai, mematikan televisi bila sudah tidak digunakan, dan juga jangan membiarkan kabel untuk terus terhubung bila kita sudah tidak menggunakannya lagi.



Banyak masyarakat dari kita yang saat ini tidak memperdulikan lagi dengan penghematan listrik, bahkan ada beberapa yang acuh dan malah menghambur- hamburkan pemakaian listrik. Jika pasoka listrik sudah berkurang, maka hal ini juga akan berpengaruh pada pekerjaan dan kehidupan kita sehari- hari. Akan seringnya terjadi pemadaman listrik bila pasokan listrik di daerah kita sudah berkurang.

Untuk menghindari hal itu maka kita harus dengan teliti untuk menghemat pemakaian listrik. Pada malam hari, bila ada kamar atau ruangan yang tidak digunakan, lebih baik untuk mematikan lampunya. Dan juga hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk mematikan televisi atau komputer bila sudah tidak digunakan lagi. Banyak dari kita ketika menonton televisi, kita malah tertidur atau tidak sengaja meningglkannya dan lupa untuk mematikannya. Maka listrik akan terus mengalir selama televisi itu menyala, dan penggunaan listrik pun akan semakin besar.

Bila setiap hari kita mengalami kecerobohan seperti ini, maka dalam waktu satu bulan pun, besarnya penggunaan listrik kita akan meningkat. Kita juga kadang lalai ketika sudah menggunakan charger handphone atau sudah menggunakan setrika, kita sering lupa untuk mencabut kembali kabelnya. Bila ada perlatan elektronik yang sudah tidak kita gunakan lagi, lebih baik kita untuk mencabut kabelnya. Hal ini juga berguna untuk menghemat sumber tenaga listrik. Bila kita bisa menghemat listrik, maka pemadaman listrik juga akan terhindarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar